Panduan Simlitabmas 2014

 Perguruan tinggi mengemban tugas untuk mengembangkan, membudayakan serta mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan daya saing bangsa. Hal ini termaktub dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20 dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 yang dalam pelaksanaannya diwujudkan dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Agar amanah tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan perguruan tinggi diarahkan untuk mencapai tujuan dan standar tertentu.
Salah satu standar pengelolaan kegiatan yang ingin dicapai adalah standart proses, yaitu seluruh kegiatan harus direncanakan, dilaksanakan, dikendalikan, dan ditingkatkan sesuai dengan sistem peningkatan mutu penelitian yang berkelanjutan, berdasarkan prinsip otonomi keilmuan dan kebebasan akademik. Dengan semakin kompleks dan luasnya cakupan pelaksanaan kegiatan yang dikelola oleh Ditlitabmas, maka mulai tahun 2012 Ditlitabmas mengembangkan sistem pengelolaan kegiatan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dinamakan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang selanjutnya disebut SIMLITABMAS. Dengan SIM-LITABMAS, proses pengajuan dan seleksi proposal, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, hingga pelaporan hasil kegiatan dapat dikelola secara transparan, efisiens dan akuntabel. Sistem ini juga didisain untuk meminimalkan kendala waktu dan jarak serta memaksimalkan tingkat partisipasi seluruh sivitas akademika. Untuk itu, SIM-LITABMAS dibangun sebagai sebuah sistem informasi berbasis web sehingga dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan darimanapun serta menyediakan layanan data yang digunakan untuk kebutuhan integrasi dengan system informasi eksternal.
SIM-LITABMAS dibangun secara modular dan bertahap untuk mengakomodasi berbagai fitur yang secara fungsional menyediakan fasilitas untuk pengelolaan berbagai kegiatan di Ditlitabmas. Hingga saat ini SIM-LITABMAS mampu memfasilitasi pengelolaan program Bantuan Seminar Luar Negeri (BSLN), program Bantuan Stimulus, pelaksanaan kegiatan pelatihan, pemetaan kinerja penelitian perguruan tinggi, pendaftaran user e-journal yang dilanggan DIKTI, dan pelaksanaan akreditasi jurnal nasional. Setiap pengguna dalam sistem ini diperbolehkan mengakses modul-modul tersebut sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.
Buku panduan ini merupakan suplemen dari buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX Tahun 2013. Buku ini menjelaskan langkah demi langkah setiap tahapan kegiatan yang dikelola menggunakan SIM-LITABMAS yang diorganisasi sebagai berikut.
  1. Panduan Pengusulan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  2. Panduan Pengusulan Program Kreativitas Mahasiswa.
  3. Panduan Penilaian Proposal Program Penelitian Desentralisasi.
  4. Panduan Mengunggah Catatan Harian, Laporan Kemajuan dan Laporan Akhir Penelitian.
  5. Panduan Mengunggah Catatan Harian, Laporan Kemajuan dan Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat.
  6. Panduan Mengunggah Catatan Harian, Laporan Kemajuan dan Laporan Akhir PKM.
  7. Panduan Penugasan Monitoring dan Evaluasi Internal.
  8. Panduan Monev Eksternal Penelitian.
  9. Panduan Monev Eksternal Pengabdian Kepada Masyarakat
  10. Panduan Monev Eksternal PKM.
  11. Petunjuk Registrasi ONLINE Peserta PIMNAS
  12. Panduan Pengisian Rekaapitulasi Penggunaan Dana Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  13. Panduan Mengunggah Bahaan Seminar Hasil
  14. Panduan Penggunaaan SIM-LITABMAS untuk Manajemen Perguruan Tinggi dan Kopertis.
  15. Petunjuk Penggunan Fitur Pesan Pengaduaan SIMLITABMAS.
  16. Panduan Pengusulan Bantuan Seminar Luar Negeri
  17. Panduan Pengusulan Bantuan Stimulus
  18. Panduan Pendaftaran Pelatihan
  19. Panduan Akses E-Journal
  20. Panduan Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi
  21. Panduan Pengajuan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah
Pedoman ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan bagi mahasiswa, dosen, operator, dan pimpinan di lingkungan perguruan tinggi dan Ditlitabmas Ditjen Dikti.

 

Panduan Simlitabmas 2014 dapat diakses disini

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.