Pra Klinik Proposal Penelitian bagi Dosen

Untuk meningkatkan minat dosen STMIK Raharja dan AMIK Raharja Informatika, diselenggarakan Pra Klinik Proposal Penelitian bagi Dosen bertempat di Aula Serbaguna Perguruan Tinggi Raharja (2/2/2017). Yang menjadi Pemateri Pra Klinik Proposal ini adalah staff ahli pimpinan, Dr. Ir. Sunar Abdul Wahid, MS, juga salah satu dosen peneliti dari Universitas Borobudur. Beliau menjelaskan tentang pengalamannya selama ini dalam memperoleh dana penelitian dari berbagai instansi seperti dari Balitbang Deptan, Departemen Lingkungan Hidup, dan terakhir yang diperolehnya beberapa waktu lalu yaitu dari Ristekdikti melalui Skema PPT (Penelitian Produk Terapan) dengan tema Sistem Pakar bersama tim peneliti lintas Bidang Keilmuan seperti Bidang Pertanian, Bidang Komputer dan Bidang Kedokteran. Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang diperolehnya pada tahun ini Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK). Selain itu, beliau menjelaskan tentang pentingnya dosen melakukan penelitian, menjelaskan skema penelitian yang dapat diikuti oleh dosen sesuai dengan jabatan fungsional dosen, output penelitian berbasis luaran dan TKT (tingkat kesiapan teknologi), serta pelaporan keuangan penelitian. Menurut beliau bahwa penulis proposal itu sangat mudah kalau sudah terbiasa dan hanya cukup 20 lembar saja, satu malam pun pasti jadi kalau memiliki niat untuk menulis, papar beliau. Disampaikan pula teknik penulisan proposal dan diakhiri dengan tanya jawab.

Tindaklanjut dari Pra Klinik Proposal ini diharapkan dosen memiliki semangat dalam menyusun proposal penelitian sesuai dengan Panduan Penelitian Edisi X. Bagi dosen yang sudah memiliki proposal, selanjutnya akan dilakukan review melalui Workshop Klinik Proposal Penelitian ini dibedah langsung oleh Bapak Sunar. Adapun kegiatan Klinik Proposal Penelitian akan diadakan beberapa minggu kedepan, sehingga diakhir Februari 2017 seluruh dosen sudah siap mengunggah proposalnya ke dalam Simlitabmas yang tentunya dibantu secara teknis oleh REC sebagai Divisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Raharja.

Melalui kegiatan Pra Klinik Proposal ini diharapkan bertambahnya minat dosen dalam menghasilkan proposal penelitian untuk pendanaan DIKTI dan tentunya memiliki potensi untuk lolos review.

1 Comment

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.